Selamat Natal 2008

Selamat Natal 2008

Jumat, 10 Oktober 2008

Kota Solo


Kota Solo adalah salah satu kota di jawa tengah yang jadi pusat budaya, kesenian, dan kuliner. Kota ini adalah kota yang membuat aku dan keluarga kangen akan suasana dan begitu banyak macam makanan yang kami suka yang tidak ada di daerah lainnya. Kota Solo sangat terkenal akan kehalusan dan kesopanan para penduduknya, di kota Solo ada dua kerajaan yang masih berdiri sampai saat ini yaitu kerajaaan Kasunanan dan Mangkunegaran sehingga dapat dikatakan bahwa kota Solo adalah akar budaya di Jawa Tengah.

Kota ini juga terkenal dengan keseniannya antara lain: tarian, gamelan, wayang kulit, dan beberapa kesenian lainnya. Yang paling kami suka adalah kuliner di Solo kalau diibaratkan dimakan selama seminggu penuhpun ragam makanan di Solo gak akan habis macamnya, banyak sudah stasiun TV nasional dan swasta di Indonesia yang meliput ragam kuliner di kota Solo ini bahkan acara kuliner milik Pak Bondan di TRANS TV sampai meliput lebih dari 3x, Contoh-contoh makanan di Solo yang terkenal adalah : Bakso Solo, Sate Solo, Nasi liwet, Srabi solo, Timlo Solo, nasi kucing yang sering kita temui di wedangan solo yang buka tiap malam yang biasa kita temui dipinggir-pinggir jalan kota Solo yang biasa disebut HIK solo, cabuk rambak, Sosis solo, Tengkleng, dan masih banyak lagi makanan lainnya yang tidak bisa kita sebutin satu persatu. Cari makanan di Solo semakin malam bukan semakin sepi makanan tapi semakin banyak yang menjual makanan pada malam hari contohnya:Gudeg ceker yang buka jam 2 malam, walaupun buka jam 2 malam tapi banyak banget pengunjungnya sehingga jam 4 pagi udah habis terjual. Kami juga sangat menyukai suasana kota Solo yang bersih, tentram, dan aman jauh dari hiruk pikuknya kemacetan seperti di Jakarta.

O iya Solo juga terkenal akan batiknya, sampai terkenalnya Solo dengan batikya ada satu kampung yang mayoritas mempunyai usaha membuat batik yaitu kampung Laweyan. Aku dan suamiku sering kali belanja batik kalau lagi di solo, kita sering belanja di Pusat grosir Solo(PGS) yang disebut mangga duanya kota solo. dan pasar klewer di tempat itu terdapat banyak banget macam batik-batik solo dengan motif dan model yang terus mengikuti trend serta pedagang-pedagang lainnya pokoknya komplit banget dech. Tapi kalau kalian belanja disana harus pinter-pinter nawar biar harganya gak kemahalan.

Bangunan-bangunan modern juga mulai berdiri di kota Solo, mall sudah banyak kita temui di Solo seperti : Solo Grand Mall, dan Solo Square, apartement, gedung-gedung perkantoran dan bank, serta hotel-hotel bintang 4 dan 5. Walaupun begitu di Solo masih ada satu pasar tradisional yang sangat terkenal yaitu : Pasar Gedhe di pasar gedhe banyak yang jual macam-macam makanan khas solo yang paling aku suka adalah dawet pasar gedhe.

Kalau kalian pengen melihat pagelaran wayang orang di Sriwedari sering digelar, atau acara Sekaten di Alun2 keraton tiap Maulidan, serta kirab pusaka dan kereta kencana keraton tiap tahun baru Jawa / Islam.

Nah... begitulah cerita aku tentang kota Solo kalau kamu punya rencana liburan mungkin kota Solo bisa jadi salah satu tujuan liburan yang menyenangkan bagi kalian n keluarga.

Tidak ada komentar: